AMANAH Datangkan Banyak Pengalaman Berharga bagi Generasi Muda untuk Karir Masa Depan

Teuku Syahrul Amal

Kontributor Amanah News

15 Jul 2024 20:00 WIB - Total Views 3.60 Rb

Generasi Muda Aceh AMANAH

Youth Creative Hub Aceh (AYCH) atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mendatangkan banyak sekali pengalaman yang sangat berharga bagi seluruh generasi muda penerus bangsa, terlebih demi karir masa depan mereka.

Karena, sebentar lagi Indonesia akan mengalami lonjakan bonus demografi, yang mana menjadikan angkatan kerja dari kalangan pemuda berjumlah sangat banyak, maka apabila mereka tidak memiliki pengalaman sebelumnya, tentu akan menjadi sulit untuk mencari pekerjaan atau menata karir masa depannya.

Sebaliknya, jika sejak sedini mungkin, para generasi muda tersebut sudah mengikuti banyak kegiatan yang sangat positif, maka mereka sama saja sudah mengisi pengalaman yang sangat berharga sebagai bekal nantinya masuk ke dunia karir.

Namun, biasanya yang terus menjadi persoalan adalah bagaimana pemerataan akses akan adanya kesempatan ataupun pengalaman berharga tersebut sejak usia muda. Oleh karenanya, Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Badan Intelijen Negara (BIN) menginisiasi AMANAH yang mampu menghadirkan pemerataan akan akses pengalaman berharga tadi sebagai bekal generasi muda di dunia karir mereka.

Salah satu kegiatan sangat bermanfaat dan positif dari program inisiasi lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut adalah adanya pameran seni visual yang berkolaborasi dengan Komunitas Kanot Bu bertemakan ‘Harapan'.

Tema tersebut sengaja menjadi pilihan dalam kegiatan AMANAH lantaran mampu memberikan harapan dan juga optimisme yang sangat tinggi kepada para anak muda wilayah berjuluk Negeri Rencong itu untuk masa depan daerah mereka yang lebih cerah.

Seorang juri pameran dari Laboratorium Seni Acehrakitan, Iskandar bin Ishak menyatakan bahwa dirinya sangat gembira karena bisa mengikuti kegiatan AMANAH. Bukan tanpa alasan, pasalnya acara itu menurutnya mampu meningkatkan kepercayaan diri para seniman muda dengan memberikan wadah sekaligus platform untuk menampilkan karya mereka.

Dengan demikian, karena AMANAH terus memberikan wadah dan fasilitas sangat banyak kepada generasi muda dari berbagai bidang, termasuk para seniman, maka menjadikan para pemuda itu lebih memiliki keyakinan akan kemampuan, bakat dan potensi diri mereka masing-masing selama ini yang mungkin saja belum sempat terekspos.

Adanya acara pameran seni itu jelas semakin mendorong generasi muda untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mereka, serta dapat membuka peluang karier baru di bidang seni visual bagi para peserta.

Senada, juri lainnya dari Kanot Bu, Idrus bin Harun memberikan apresiasi sangat tinggi kepada AMANAH yang menurutnya telah menciptakan sebuah wadah, khususnya bagi para generasi muda Aceh agar mereka bisa mengekspresikan diri.

Tidak hanya itu, namun acara tersebut juga mampu semakin memperkuat komunitas seni di wilayah berjuluk Serambi Mekkah dengan memungkinkan para seniman untuk berbagi ide, pengalaman dan kolaborasi di masa depan.

Pameran tersebut telah menyediakan wadah untuk berekspresi bagi para pemuda agar mereka bisa mengekspresikan perasaan dan pandangannya melalui seni, yang mana adanya ruang untuk berekspresi tersebut sejatinya memang sangat penting bagi tumbuh kembang mereka secara pribadi ataupun sosial.

Ria Agustini (31), salah satu peserta dan pemenang pameran seni menilai bahwa acara yang AMANAH langsungkan tersebut telah berhasil menginspirasi para generasi muda untuk terlibat dalam seni dan budaya.

Selain itu, berkat adanya kegiatan positif AMANAH tersebut, juga menjadikan para anak muda terus meningkatkan kesadaran mereka dalam mengapresiasi nilai-nilai lokal Aceh. Dengan kata lain, banyak sekali manfaat positif yang mampu mereka rasakan.

Keberadaan Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat jelas sangat membawa angin segar untuk para pemuda setempat, sehingga mereka bisa mendapatkan banyak pengalaman sangat bermanfaat, yang mana nantinya penting bagi bekal mereka meniti masa depan kariernya.

Pembangunan Youth Creative Hub Aceh (AYCH) atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) memang pemerintah lakukan melalui BIN sebagai inisiatornya untuk mengembangkan segala potensi yang berada di Negeri Rencong tersebut.

Pasalnya, sebenarnya Aceh memiliki sangat banyak potensi terpendam, baik itu dari segi Sumber Daya Alam (SDA) ataupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan sangat mendatangkan banyak keuntungan apabila mendapatkan dorongan dan fasilitas mumpuni demi kemajuan wilayah dan bangsa.

Bukan hanya sekedar menjadi bangunan fisik saja, melainkan AMANAH merupakan wadah yang mampu menyediakan banyak sekali kegiatan sangat positif, sehingga para anak muda Aceh mampu mengalami pengalaman hebat di hidup mereka sebagai bekal dalam dunia kariernya kelak.

Semua potensi dan kreativitas para generasi muda itu juga terus mengalami pengembangan dalam didikan dan binaan AMANAH yang menghadirkan beragam program dan fasilitas, sehingga menjadi katalisator bagi kemajuan di berbagai sektor seperti perkebunan, pertanian, perikanan, termasuk teknologi, pengembangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), hingga seni dan olahraga.

AMANAH mendatangkan banyak sekali pengalaman yang sangat berharga untuk bahan pembelajaran bagi para generasi muda sebagai bekal mereka nantinya demi meniti karir di masa depan.

Oleh: Khairul Hidayat
Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN)

Tag

Bagikan Artikel

Mari Berdiskusi Bersama Kami