Pasca Sukses Dibuka Oleh Presiden Jokowi, PON XXI Hadirkan Produk AMANAH Sebagai Pilihan Souvenir Khas Aceh

Teuku Syahrul Amal

Kontributor Amanah News

14 Sep 2024 18:45 WIB - Total Views 2.41 Rb

UMKM AMANAH di PON XXI Aceh-Sumut

Aceh – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh,

Dalam gelaran acara yang berlangsung di Aceh tersebut, komunitas Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) ikut ambil bagian dengan menampilkan produk-produk UMKM dan souvenir khas Aceh. Melalui booth yang mereka dirikan, AMANAH berhasil menarik perhatian pengunjung dengan menghadirkan beragam produk yang mengusung identitas budaya lokal dalam desain modern dan kreatif.

PON XXI dan AMANAH menjadi salah satu bukti pemerintahan Presiden Jokowi berkomitmen untuk menggerakkan perekonomian lokal dengan memaksimalkan peran anak muda, sekaligus terus mewujudkan pengembangan olahraga nasional melalui PON XXI.

Salah satu pengunjung booth, Nasya Nazmah, mengungkapkan kekagumannya terhadap produk-produk yang dipamerkan oleh AMANAH. “Aku senang sekali bisa berkunjung ke booth AMANAH ini. Banyak barang-barang keren yang disediakan, dan semuanya khas Aceh, seperti motif Malahayati dan pinto,” ujarnya. 

Nasya mengakui bahwa desain dengan motif-motif seperti pinto, monumen kilometer nol Sabang, dan kuliner mie Aceh sangat menarik. Produk-produk tersebut diaplikasikan pada berbagai barang seperti tempat minum, sampul buku, kipas, hingga gantungan kunci, sehingga memperkaya daya tariknya. “Yang paling favorit buat aku, karena aku perempuan, aku suka gelangnya. Tapi totebag-nya juga menarik banget karena desainnya unik,” tambahnya.

Tidak hanya menjual produk fisik, AMANAH juga menghadirkan produk-produk UMKM Aceh, seperti makanan dan minuman lokal. Menurut Nasya, hal ini menunjukkan bahwa UMKM di Aceh terus berkembang. "AMANAH bagus sekali karena memberikan tempat bagi anak muda Aceh untuk berkarya dan mereka difasilitasi agar menjadi generasi unggul di masa depan,” jelasnya.

Produk-produk AMANAH dijual dalam Expo PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, dari tanggal 10 hingga 18 September 2024. Sebanyak 22 jenis barang dipamerkan, termasuk kaus dan totebag dengan desain yang memadukan budaya Aceh dan gaya muda yang modern. Souvenir-souvenir ini menjadi pilihan utama bagi kontingen PON dari berbagai daerah yang datang ke Aceh.

Dengan produk-produk kreatif ini, AMANAH tidak hanya mempromosikan potensi budaya Aceh ke masyarakat luas, tetapi juga memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal. Sebelumnya, AMANAH telah terlibat dalam berbagai acara nasional, seperti Muslim Fashion Festival (Muffest) 2024 di Jakarta, sebagai bagian dari upaya memajukan produk lokal Aceh.

Program AMANAH, yang digagas oleh Badan Intelijen Negara (BIN) ini, mendukung penuh pengembangan UMKM dan industri kreatif di Aceh, serta menyediakan berbagai fasilitas pelatihan dan bantuan melalui Rumah Kemasan di Gedung AMANAH, Kabupaten Aceh Besar.

Tag

Bagikan Berita

Mari Berdiskusi Bersama Kami